Punya naskah yang nganggur?

Karya-karya tulis yang mengendap?

Ingin karya-karya Anda lebih banyak dijangkau lebih luas oleh pembaca?

Dan menjadi penulis profesional?

Hmm, atau sudah menerbitkan buku tetapi belum kunjung mendapat royalti?

Jejak Publisher punya solusinya!

Terbitkan Naskahmu GRATIS Menjadi Ebook Ber-ISBN Elektronik untuk mengikuti Seleksi Perpustakaan Digital Bersama Jejak Publisher.

 

>> MOHON BUDAYAKAN MEMBACA DENGAN TELITI! <<

 

Revolusi industri 4.0 mau tidak mau membawa serta distruption dari buku cetak menjadi buku digital (ebook). Dalam proses penerbitannya, buku digital ini hampir sama dengan buku konvensional lainnya, yaitu memerlukan tahapan pembuatan desain cover, editing, layouting, pengajuan ISBN elektronik, dan jasa pembuatan e-book itu sendiri.

Beberapa tahun terakhir, Jejak Publisher bekerja sama dengan pengembang aplikasi perpustakaan digital, untuk mengikuti seleksi iPusnas (perpustakaan digital milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia) dan perpustakaan digital lainnya yang dimiliki pemerintah daerah. Aplikasi ini menyediakan peminjaman ebook secara gratis dan memerlukan konten e-book dalam jumlah banyak.

Untuk dapat bekerja sama dengan pengembang aplikasi perpustakaan digital yang disebutkan di atas, penerbit harus memiliki legalitas lengkap dan ebook sesuai standar nasional. Ebook yang lolos seleksi akan dibeli 10 copy untuk iPusnas (jumlah copy yang dibeli bisa lebih banyak jika lolos di perpustakaan digital lainnya).

Di tahun 2021 ini, dalam menyongsong HUT yang ke-4, Jejak Publisher berencana membantu dan bekerja sama dengan para penulis nusantara yang belum bisa mengikuti seleksi ebook untuk perpustakaan digital agar bisa mengikuti seleksi tersebut. Semakin banyak konten ebook yang lolos seleksi, kami berharap dapat lebih memajukan literasi Indonesia. Ebook yang diikutkan seleksi terdiri dari berbagai genre baik fiksi mau pun non fiksi yang bertujuan untuk menjangkau lebih luas kalangan para pembaca. Bagi yang tertarik, yuk diikuti syarat dan ketentuannya:

Ketentuan:

Bagi Naskah yang belum memiliki ISBN

  • Penulis adalah WNI dan tidak dibatasi usia.
  • Like fanspage FB Jejak Publisher (https://www.facebook.com/JejakOfficial/) atau Follow IG @JejakPublisher
  • Share info ini di Facebook atau IG yang memiliki hobi menulis atau berminat di bidang literasi dan juga menandai FB Jejak Publisher (https://www.facebook.com/JejakOfficial/) atau IG @JejakPublisher dengan tagar #JejakPublisher #TerbitGratis #EventEbook
  • Penulis menjamin bahwa naskah yang dikirimkan adalah asli, bukan saduran, terjemahan, dan belum pernah dipublikasikan baik di media cetak maupun non-cetak.
  • Naskah tidak menyinggung unsur SARA/pornografi dan tidak menyinggung pihak/golongan tertentu.
  • Event ebook ini 100% GRATIS (tidak dipungut biaya sepeserpun).
  • Naskah dikirim maksimal 12 April 2021 (HUT Jejak Publisher).
  • Pengumuman penulis yang naskahnya lolos untuk diterbitkan akan diikutkan seleksi perpustakaan digital di website: https://jejakpublisher.com, FB fans Page: JejakPublisher dan IG JejakPublisher pada tanggal 30 April 2021.
  • Ketentuan tim redaksi tidak dapat diganggu gugat, terkecuali apabila ditemukan indikasi melakukan PLAGIARISME.
  • Setiap peserta boleh mengirimkan naskah terbaiknya sebanyak-banyaknya.
  • Peserta hanya boleh mengirim 1 kali untuk judul yang sama (email kedua harus berbeda naskah/judul, dst) karena akan membuat bingung panitia. Dan apabila diketahui melanggar akan didiskualifikasi.

 

Bagi Naskah yang sudah memiliki ISBN dan ingin diikutkan selesksi Perpustakaan Digital:

Bagi naskah/buku yang sudah memiliki ISBN masih bisa ikut event ini, asalkan belum memiliki ISBN elektronik [sumber elektronis]. Nanti akan diajukan ISBN elektroniknya oleh penerbit Jejak Publisher, dengan syarat:

  1. Meminta izin/persetujuan kepada penerbit sebelumnya bahwa akan diterbitkan dalam bentuk Catatan: ebook tersebut hanya untuk diikutkan seleksi perpustakaan digital dan bukan untuk dijual komersil (misalnya di jual di Google Play Book).
  2. Mengisi Surat Penyataan berikut: Surat Pernyataan – Terbit, ditandatangani dan bermaterai.

 

SYARAT NASKAH & FORMAT PENULISAN:

  • Rapi, terbebas dari typo dan kesalahan format penulisan.
  • Simpel dan menarik.
  • WAJIB terdiri dari minimal 50 halaman dan disarankan maksimal 200 halaman. Bagaimana jika lebih dari 200 halaman? Tidak menjadi masalah, hanya sedikit mengurangi kemungkinan lolos seleksi. Apabila naskahnya lebih dari 200 halaman, disarankan dibuat dalam 2 chapter/2 seri/2 jilid, atau lebih dari itu.
  • Memiliki deskripsi berupa gambar akan lebih baik. Bagi penulis yang memiliki bakat desain grafis/menggambar bisa dituangkan di sini ya 🙂
  • Genre buku bebas.
  • Naskah mengikuti template Jejak Pulisher. Font bebas, rapi, terbaca, tidak terlalu besar/kecil untuk ukuran kertas A5. Margin sesuai template tidak perlu diubah. Klik link berikut untuk download template naskah Jejak Publisher: TemplateNaskahJejakPublisher_Naskah_Judul-Naskah-Anda
  • Bagi naskah yang sudah memiliki desain cover sendiri akan memperbesar peluang untuk lolos seleksi, dengan catatan desain cover tersebut telah sesuai dengan template desain cover Jejak Publisher berikut ini. Klik link untuk download: TemplateDesainCoverJejakPublisher.psd
  • Naskah diberi nama dengan format:

TERBIT EBOOK GRATIS_Nama Peserta_Judul Naskah dalam jenis file doc atau .docx,

*Contoh: TERBIT EBOOK GRATIS_Yoga Permana Wijaya_Menjadi Orang Bijak

  • Peserta wajib mengisi poin-poin yang tertera dalam template naskah Jejak Publisher (kecuali halaman 2 atau halaman pengisian ISBN).
  • Kirimkan capture/screen shot bukti share dan tag info ini di medsos, bersama file naskah dalam bentuk attachment/lampiran ke email: eventjejak@gmail.com dengan subjek email sama dengan nama file naskah:

TERBIT EBOOK GRATIS_Nama Peserta_Judul Naskah dalam jenis file doc atau .docx,

*Contoh: TERBIT EBOOK GRATIS_Yoga Permana Wijaya_Menjadi Orang Bijak

  • Peserta yang melanggar syarat dan ketentuan akan didiskualifikasi dan naskah tidak akan melalui proses penilaian.

 

KRITERIA PENILAIAN:

  1. Kerapihan tata letak naskah.
  2. EBI dan kerapian penulisan.
  3. Pemilihan diksi / pilihan kata / gaya bahasa / gaya penyampaian penulis yang menarik dan mudah dicerna.
  4. Isi Karya: orisinalitas, tema buku, dsb.
  5. Kreativitas penunjang dalam konten naskah (desain, gambar dll).

 

REWARD :

  1. Peserta lolos seleksi akan diterbitkan naskahnya dalam bentuk EBOOK (Gratis) yang memiliki ISBN Elektronik [sumber elektronis] dan terdaftar secara resmi di Perpusnas.
  2. E-sertifikat sebagai penulis Jejak Publisher.
  3. Ebook akan diikutkan seleksi perpustakaan digital iPusnas (milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia), i-Jakarta, i-Malang dan perpustakaan digital lainnya di seluruh Indonesia.
  4. Royalti bersih (tanpa dipotong pajak lagi dan biaya sistem layanan e-book pihak ketiga) sebesar 25% dari setiap penjualan ebooknya.
  5. Penulis dapat menentukan harga ebook dengan memperhatikan harga wajar (pasar)
  6. Penulis akan mendapat akun dan password khusus penulis Jejak Publisher, untuk pengecekan dan pencairan royalti.
  7. Ebook TIDAK akan diunggah di Google Play Book, jadi yang sudah diunggah di sana tidak menjadi masalah atau tidak perlu ditarik.
  8. Penulis dapat pula mencetak ebooknya ke dalam bentuk buku fisik jika diinginkan dengan harga khusus cetak murah penulis Jejak Publisher:

Rumus biaya cetak murah adalah sebagai berikut: (jumlah halaman x 125) + Rp 10.000

Contoh: (100 halaman x 150) + Rp 10.000 = Rp 25.000,-

 

So, tunggu apa lagi? Ayo berkreasi, memajukan literasi, dan kirimkan segera naskah terbaikmu. Selamat menulis!

Ada empat hal yang tidak penah bisa datang kembali : Kata yang terucapkan, anak panah yang telah terlepas dari busurnya, masa lalu dan kesempatan yang telah disia-siakan (Omar Idn Al Ali)

Jangan sia-siakan kesempatan emas ini!

 

Salam Jejak,

Ciptakan Jejakmu dengan Aksara

Make Your Own Mark!

 

 

 

 

 

 

Facebook Comments