Halo para Penjejak yang baik dan budiman!

Jejak Publisher kembali mengadakan event tingkat nasional sebagai wadah untuk mengasah kemampuan dari para penulis sekalian.

Kali ini Jejak Publisher mengadakan event cipta puisi bertema “Ungkapan Cinta”.

Memang, bagi sebagian orang, sangatlah perlu keberanian lebih dalam mengungkapkan cinta. Mengungkapkan cinta bukanlah sebuah perkara mudah, karena ada konsekuensi maha besar yang muncul setelah pengungkapan. Cinta memang butuh pengorbanan. Belum lagi perihal cinta ini memang rumit dan sulit diungkapkan. Barangkali, itulah yang membuat sebagian besar dari kita enggan dalam mengungkapkannya. Tentunya, kita pun ingin memberikan sesuatu yang spesial terkait pengungkapan cinta yang sakral tersebut agar menjadi kenangan indah yang tak terlupakan.

So, dalam event kali ini, Jejak Publisher mengusung tema “Ungkapan Cinta” dengan maksud memberikan kesempatan bagi Para Pejuang Jejak untuk menjejakkan ungkapan cintanya, sebagai sejarah kehidupan yang penuh kenangan.

Selama kita menulis dan membuat sebuah pernyataan cinta menjadi sebuah karya, kita bisa membuat ungkapan tersebut menjadi sangat berharga dan abadi. Apa yang kita katakan, mungkin akan menguap dan hilang, tetapi yang kita tuliskan akan tersimpan dalam jangka waktu lama, bahkan berkelanjutan meski kita telah tiada sekalipun.

Sesuai dengan tema yang kita usung: “Ungkapan Cinta”. Puisi terpilih dari event ini akan dipersembahkan bagi orang-orang yang kita cintai. Dimuat dalam buku Antologi Puisi yang bisa kita persembahkan sebagai pengungkapan cinta yang sakral untuk orang yang dicintainya. Cinta kita tentu tidak terbatas hanya bagi kekasih. Bisa bagi Orang tua, keluarga, sahabat, rekan, guru dsb.

Di dalam puisi yang dilombakan, WAJIB memuat/mencantumkan nama untuk siapa puisi tersebut ditujukan. Menarik bukan?

Bukan hanya itu, khusus dalam event jejak publisher kali ini, nantinya kami akan memberikan kesempatan bagi seluruh peserta yang menginginkan puisi berupa ungkapan cintanya untuk dibukukan.  Yup, selain menghasilkan buku antologi sejumlah 130 puisi pilihan, kami juga memberikan kesempatan khusus bagi seluruh peserta lomba ini untuk membukukan karyanya.  Tentunya buku yang berisi puisi ungkapan cinta kita untuk seseorang akan menjadi sebuah hadiah indah dan kenang-kenangan yang menarik baginya!

Yuk, simak syarat dan ketentuan lombanya:

 KETENTUAN UMUM:

  • Peserta adalah WNI dan tidak dibatasi usia
  • Like fanspage Facebook JejakPublisher:  https://www.facebook.com/JejakOfficial/ dan berteman dengan PJ event Rizki Nuraini Ramadhani ( https://www.facebook.com/rnrramadhani )
  • Follow akun instagram @jejakpublisher dan PJ event @rnrramadhani
  • Peserta melakukan share info lomba ini, dan melakukan tag (menandai) minimal 5 orang teman di Facebook yang memiliki hobi menulis atau berminat di bidang literasi.

Peserta yang melakukan tag terbanyak akan mendapat Piagam Penghargaan sebagai peserta paling Interaktif dan mendapatkan hadiah menarik.

  • Karya dikumpulkan sebelum 4 Februari 2018 pukul 23.59 WIB
  • Pengumuman pemenang akan dipublikasikan di website: http://jejakpublisher.com , FB fans Page: JejakPublihser dan Twitter: @JejakPublisher pada tanggal 14 Februari 2018.(akan dipilih total 130 kontributor, termasuk juara 1-3, 5 Puisi terbaik dan 10 Puisi terfavorit)

 

KETENTUAN NASKAH :

1. Tema Puisi “Ungkapan Cinta”, Genre puisi Romansa

2. Puisi yang dilombakan WAJIB mencantumkan untuk siapa puisi tersebut dibuat/ditujukan/diperuntukan. Format penulisan naskah puisi meliputi: 1) Nama penulis puisi; 2) Judul Puisi; 3) Untuk siapa puisi ditulis; 4) Isi puisi; 5) Titi mangsa; 6) Biodata narasi.

Contoh:

Puisi Chairil Anwar (Nama penulis puisi)

Senja di Pelabuhan Kecil (Judul puisi)

Buat Sri Ayati (Untuk siapa puisi ditulis)

 

Ini kali tidak ada yang mencari cinta (Isi puisi)

Di antara gudang, rumah tua, pada cerita

Tiang serta temali. Kapal, perahu tiada berlaut

Menghembus diri dalam mempercaya mau berpaut.

 

Gerimis mempercepat kelam. Ada juga kelepak elang

Menyinggung muram, desir hari lari berenang

Menemu bujuk pangkal akanan. Tidak bergerak

Dan kini tanah dan air tidur hilang ombak.

 

Tiada lagi. Aku sendiri. Berjalan

Menyisir semenanjung, masih pengap harap

Sekali tiba di ujung dan sekalian selamat jalan

Dari pantai ke empat, sedu penghabisan bisa terdekap.

 

1946 (Titi mangsa)

 

Biodata Narasi: (Biodata narasi maksimal 40 kata)

Chairil Anwar (lahir di Medan, Sumatera Utara) adalah penyair terkemuka Indonesia. Ia diperkirakan telah menulis 96 karya, termasuk 70 puisi. Bersama Asrul Sani dan Rivai Apin, ia dinobatkan oleh H.B. Jassin sebagai pelopor Angkatan ’45 sekaligus puisi modern Indonesia.

 

3. Naskah diketik menggunakan Aplikasi Word (Pengolah Kata), dengan format font Calibri (11 pt); ukuran kertas A4; margin normal (seluruh sisi 2,54 cm); spasi 1,15. Maksimal panjang Naskah 1 Halaman A4, bagi yang melebihi akan didiskualifikasi.

4. Wajib menyertakan biodata narasi (Bukan keterangan seperti pada KTP) di akhir naskah maksimal 40 kata meliputi nama asli, biodata singkat dan hal lainnya yang menurut Anda perlu disampaikan. Sertakan pula foto terbaik Anda dengan ukuran dimensi 2×3 cm

5. Simpan naskah dengan format .doc atau .docx, dengan nama file: PuisiUngkapanCinta_Nama Peserta_Judul

Contoh : PuisiUngkapanCinta_Chairil Anwar_Senja di Pelabuhan Kecil

6. Kirim naskah dalam bentuk attachment (lampiran) ke email: puisijejak@gmail.com Dengan subjek email: PuisiUngkapanCinta_Nama Peserta_Judul

Contoh : PuisiUngkapanCinta_Chairil Anwar_Senja di Pelabuhan Kecil

7. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan maksimal 1 naskah puisi terbaiknya

 

REWARD :

Juara 1:

Voucher Penerbitan senilai 300 K + Voucher pulsa senilai 25 K + Piagam Penghargaan Juara 1 lomba cipta puisi tingkat nasional +   Nama penulis akan tercantum di cover buku secara ekslusif  +  Buku bukti terbit  + Diskon 15% setiap pembelian buku cetaknya

Juara 2 :

Voucher Penerbitan senilai 150 K + Voucher pulsa senilai 10 K + E-Piagam Penghargaan Juara 2 lomba cipta puisi tingkat nasional + Diskon 15 % setiap pembelian buku cetaknya

Juara 3:

Voucher Penerbitan senilai 100 K + Voucher pulsa senilai 5 K + E-Piagam Penghargaan Juara 3 lomba cipta puisi tingkat nasional  + Diskon 15 % setiap pembelian buku cetaknya

5 Puisi Terbaik:

Voucher Penerbitan senilai 50 K + E-Piagam Penghargaan Puisi Terbaik lomba puisi tingkat nasional + Diskon 15% setiap pembelian buku cetaknya

10 Puisi Terfavorit:

Diskon Penerbitan sebesar 10% + E-Piagam Penghargaan Puisi Terfavorit lomba Puisi tingkat nasional + Diskon 15% setiap pembelian buku cetaknya

100 Puisi Terpilih:

E-Piagam Penghargaan Puisi Terpilih lomba Puisi tingkat nasional +  Diskon 10% setiap pembelian buku cetaknya

Peserta Paling Interaktif (Tag Terbanyak dan Tercepat):

E-Piagam Penghargaan sebagai peserta paling Interaktif + Bingkisan menarik dari JejakPublisher.

Seluruh Peserta:

E-Sertifikat peserta lomba Puisi tingkat nasional.

Memiliki kesempatan untuk membukukan karya yang dikirimkan dalam event ini.

 

KRITERIA PENILAIAN:

  1. Kesesuaian dengan tema
  2. Pemilihan diksi, ejaan, gaya bahasa, kiasan
  3. Isi Karya: keterpaduan, keindahan, keharuan dsb.
  4. Kedalamanan pesan

 

Selamat berkompetisi,

Salam Jejak, ciptakan jejakmu dengan aksara!

Make Your Own Mark!

 

 

Kontak dan Info Penanggung Jawab Event:

Rizki Nuraini Ramadhani
Whatsapp : 085702224027
Facebook : https://www.facebook.com/rnrramadhani
Instagram : @rnrramadhani
Web : www.jejakpublisher.com

Facebook Comments