Hi Penjejak yang baik dan budiman!

Apa kabar nih para peserta lomba novel nasional Jejak Publisher? Nunggu pengumuman juara novel ya?

Yups hari ini pengumumannya. Setelah proses penjurian yang ketat selama 1 bulan, akhirnya muncul 3 nama sebagai yang beruntung menjadi juara cipta Novel tingkat nasional bertema “Bebas” bersama Jejak Publisher.

Lomba yang berlangsung dari tanggal 28 Februari s.d. 30 Mei 2017 ini mendatangkan sebanyak 314 naskah novel. Namun dengan berat hati kami tolak sebanyak 57 naskah karena tidak mengikuti aturan yang berlaku.

Akhirnya sebanyak 257 naskah yang lolos administrasi dilakukan penjurian, meliputi:

  1. Kesesuaian Judul dengan Tema dan Isi
  2. Jalan cerita, Klimaks, dan Antiklimaks
  3. Kedalaman Pesan
  4. Orisinalitas
  5. Penokohan
  6. Diksi

Untuk yang namanya belum masuk ke dalam 3 besar di bawah ini, bukan berarti novelnya tidak bagus ya hanya saja belum beruntung untuk kami terbitkan secara gratis. Kakak semua tetap bisa menerbitkan novelnya dengan paket silver dan mendapat potongan harga sebesar 15%. E-sertifikat dan Voucher diskon 15% paket silver (awalnya 300K menjadi 255K) untuk para peserta novel dapat didownload di Fans Fage FB Jejak Publisher. Jika ingin naskah novelnya diterbitkan kirim saja naskah novel dan vouchernya ke email jejakpublisher@gmail.com

Untuk seluruh peserta, dapat mengunduh e-sertifikat di Album Foto FB Jejak Publisher ini:  https://www.facebook.com/pg/JejakOfficial/photos/?tab=album&album_id=1944886515780631

Jadi,   Siapakah mereka yang luar biasa beruntung mendapatkan hadiah paket penerbitan Gold, Silver, dan Meriah itu?

Ucapan selamat kami haturkan kepada para Pejuang Jejak yang terpilih.

No Tanggal Diterima Nama Judul Kategori Penilaian SKOR Catatan
1 2 3 4 5 6
1 10/03/2017 Aby Myu Story of Mya 80 76 80 76 78 80 470 Isi ceritanya sangat berbobot, mengandung pengetahuan yang dibagi oleh penulisnya, sekali membaca novelnya membuat pembaca penasaran untuk terus melanjutkan novelnya.
2 06/04/2017 Nurtika Endah Saraswati That Woman 80 77 77 78 77 79 468 Penggabungan ide yang baik antara detektif dan cerita horor
3 31/05/2017 Ergina Nugraheni (Eji) Lucky and The Luck of Star Stone 80 76 76 77 77 79 465 Ide fantasi sederhana yang dikemas dengan baik

 

Berikut adalah sinopsis novel dari para juara:

SINOPSIS STORY OF MYA

Yusa adalah seorang gadis yang baru saja lulus SMA. ia merasa bosan melakukan apapun di dunia ini. Mungkin karena dirundung kesedihan atas kematian kedua orang tuanya. pamannya begitu perhatian, lalu memutuskan untuk menyuruhnya kuliah di Jakarta agar menemukan suasana yang baru. Yusa pun menerima tawarannya dan meninggalkan Bandung dengan harapan ia dapat menenangkan kesedihan hatinya itu.

Sesampainya di sana, ia menemukan sebuah buku berdebu yang terkurung dalam kotak kaca di kamar kos nya. Berusaha membukanya, lalu mulai membaca. Yusa seakan tersambar kobaran semangat dari buku itu. Rasa ingin tahu yang besar telah membangkitkan gairahnya untuk mulai melangkah lagi. Ia pun belajar banyak hal dari Mya. Tentu saja, itu adalah nama penulis buku yang ditemukan Yusa.

Belajar adalah sesuatu yang harus kita lakukan sebagai sebuah proses dalam menggapai ilmu pengetahuan. Kebanyakan orang bilang bahwa itu membosankan. Tapi tidak bagi Yusa, karena ia telah menemukan cara-cara menakjubkan untuk tetap belajar dengan senang hati.

“Jika buku adalah jendela dunia, maka internet adalah pintunya. Mengapa kita tidak membukanya kemudian berlari ?” Itulah yang ditulis Mya dalam bukunya.

Banyak cara yang menyenangkan untuk belajar. contohnya ; media tertua adalah buku, kemudian sebuah Film mungkin lebih cocok bagi kaum muda di abad milenium ini. Tentunya bisa dimulai dari genre biografi yang mengandung fakta-fakta sejarah. Kisah-kisah fiksi juga sangat bermanfaat bagi pengembangan pola pikir para penontonnya. Bagaimana cara memecahkan persoalan dengan memprediksi, perencanaan, atau spekulasi. Mempelajari psikologis sang karakter protagonis juga dapat menginspirasi penonton. Bagaimanapun juga Film adalah sebuah karya seni yang bermula dari sebuah tulisan kan?

Musik adalah bahasa universal. Itulah kata-kata yang terucap dari orang-orang bijak di seluruh dunia. Musik yang berlirik adalah sastra tulisan kan? tentunya mengandung makna yang dalam sebagai penyampaian penulisnya. Itulah keindahan kata bernada. Masih banyak lagi cara untuk belajar yang menyenangkan. Itu tergantung dengan apa yang kita sukai. buku, musik, film, internet, dll.

Yusa jadi semakin bersemangat ketika ia bertemu dengan seseorang bernama Ibrahim di kampusnya. Ia merasa bahwa Tuhan memiliki alasan yang baik atas pertemuannya itu. Akhirnya ia meminta bantuan Ibrahim untuk mewujudkan impiannya, yaitu bertemu dengan Mya sang penulis buku. Tentu  tidak mudah, karena Mya meninggalkan berbagai teka-teki di lembaran buku yang menunggu untuk mereka pecahkan.

Salah satu alasan Yusa ingin menemuinya adalah ingin mempertanyakan kisah di balik “Rabu” itu. “tak ada cerita..!” kata Yusa penasaran melihat chapter berjudul RABU yang kosong. Kini…. Yusa pun memulai pencariannya.


 

SINOPSIS THAT WOMAN

Kisah ini diawali dengan munculnya sosok aneh yang seperti bayangan yang membuat Jeanne Bronson menjadi tega membunuh sahabatnya sendiri, Sharla Nicoleman dengan sangat sadis. Ia menyayat-nyayat tubuh Sharla hingga ia tewas mengenaskan.

Lalu setelah dua belas tahun berlalu, seorang polisi detektif yang bernama Ritsuke Okihara ditugaskan untuk menyelidiki kasus pembunuhan yang terjadi pada Sharla Nicoleman dan Nyonya Agustine Rowkin yang kasusnya kembali dibuka oleh pihak keluarga Nyonya Agustine Rowkin.

Di dalam penyelidikannya, Ritsuke tidak menemukan jalan keluar karena tersangka yang sedang mengalami gangguan jiwa mengatakan bahwa yang membunuhnya bukan dirinya, namun kekasih Ritsuke yang bernama Aiko. Ritsuke terkejut dengan pengakuan Jeanne. Lalu ia menyelidiki kasus yang sama yang melibatkan Harry Allison, kawan satu kampusnya dahulu.

Harry Allison menjadi tersangka dalam pembunuhan George Denim. Ritsuke kembali menginterogasi Harry Allison untuk menemukan titik terang, namun anehnya Harry malah mengatakan bahwa Aiko yang membunuh George Denim.

Di lain tempat terjadi suatu hal yang aneh pada keluarganya Ritsuke semenjak Ritsuke menyelidiki kasus itu. Istrinya yang bernama Sandy Smith dan putrinya yang bernama Alice Okihara selalu diganggu oleh sosok misterius yang selalu meneror mereka.

Dimulai dari Alice yang berubah sikap menjadi dingin padanya, lalu mimpi-mimpi buruk yang selalu menghantuinya, juga sikap aneh anaknya yang mengklaim punya “teman” yang selalu menemaninya saat bermain. Namun sosok aneh itu tak menyakiti mereka, sosok itu hanya ingin menunjukkan siapa dirinya lewat mimpi Sandy.

Berkat mimpi yang dialami Sandy, Ritsuke menjadi tahu siapa sebenarnya Aiko itu. Aiko ternyata adalah teman satu sekolahnya saat dia SMA dulu, namun ia sama sekali tak mengenalnya. Ia menjadi bertanya-tanya mengapa sosok itu selalu menghantui keluarganya padahal ia sama sekali tak mengenalnya.

Saat Ritsuke berada di tempat kerja, Ritsuke mendapat informasi kalau Aiko adalah mantan istri dari Dokter Ken. Ritsuke segera menemui Dokter Ken untuk mengetahui siapa sebenarnya Aiko dan mengapa Aiko bisa mengenal dirinya.

Setelah pertemuannya dengan Dokter Ken, Ritsuke menjadi tahu kalau Aiko adalah pengagum rahasianya dan sangat terobsesi padanya. Ia juga tahu yang membuat Aiko selama ini mengikutinya adalah sebuah kotak musik pemberian Aiko yang selama ini ia simpan.

Dokter Ken juga memberi tahu kalau Nyonya Agustine Rowkin dibunuh Aiko. CCTV yang merekam kejadian itu masih berfungsi namun Aiko yang telah menutupinya. Dengan bantuan kotak musik itu, rekaman CCTV itu kembali berfungsi untuk mengungkap kejadian berdarah Nyonya Agustine Rowkin yang bisa dijadikan bukti persidangan.

Namun sebagai imbalan dari kembalinya CCTV itu, nyawa Dokter Ken menjadi taruhannya. Aiko menghantui Dokter Ken hingga ia terjatuh dari balkon rumah sakit dan mengakibatkan dirinya meninggal dunia.

Keesokan harinya, Ritsuke memenangkan persidangan dan ia bermaksud berterima kasih pada Dokter Ken yang sudah membantunya, namun ia terkejut ketika diberi tahu kalau Dokter Ken sudah meninggal dengan cara yang mengenaskan.

Ritsuke segera menuju rumahnya untuk menyelamatkan keluarganya dari Aiko. Begitu sampai di rumahnya, istri Ritsuke menangis karena Alice menghilang. Ritsuke berusaha mencari Alice dan menemukannya bersembunyi di dalam almari pakaiannya. Alice yang selalu dijaga baik oleh Aiko mencoba memberi tahu orang tuanya kalau Aiko sedang marah. Benar saja, Aiko mengamuk. Ia mengontang-antingkan tubuh Sandy hingga terluka parah. Ritsuke mencoba menghentikan Aiko dengan berbicara pelan padanya. Aiko pun mengerti dan ia meninggalkan kehidupan keluarga Ritsuke.

Di akhir cerita Ritsuke dan keluarganya saling berpelukan setelah apa yang mereka lewati selama ini. Namun, Alice tetap bertingkah misterius, ia memeluk kotak musik pemberian Aiko dan tersenyum misterius ketika ia dipeluk ayahnya.


 

SINOPSIS LUCKY AND THE LUCK OF STAR STONE

Novel ini bercerita tentang seorang anak laki-laki yang masih berumur sekitar empat belas tahun yang sedang mencari keberadaan orang tuanya bersama kakek dan neneknya yang bekerja sebagai penulis best seller. Seumur hidupnya laki-laki yang dipanggil Lucky itu selalu berpindah-pindah tempat tinggal dan sekolah.  Namun, tetap saja mereka tak menemukan kedua orang tuanya yang menghilang setelah kelahiran Lucky yang ditinggal untuk berbulan madu ke sebuah Kota, dan mereka hilang di Kota tersebut.

Hingga suatu hari, Lucky bersama kakek neneknya menemukan sebuah Kota yang diyakini adanya keberadaan kedua orang tuanya. Cerita-cerita dimulai dari kecurigaan Lucky terhadap teman-teman di sekolahnya yang bersikap aneh, seperti manusia mati suri, dingin, dan datar tanpa ekspresi. Rasa penasarannya yang memuncak itu dilakukan Lucky untuk mengetahui siapa sebenarnya teman-temannya dan kenapa ada seorang murid yang diseret oleh seorang kepala sekolah dan dibawa ke lorong. Siswa tersebut adalah Latika, seorang siswi yang berada satu kelas yang berbeda dari yang lain,

Lucky merasakan bahwa mereka berdua adalah manusia normal. Hingga suatu hari kakek dan neneknya memutuskan untuk berpindah tempat lagi karena mereka tidak juga menemukan kedua orang tua Lucky di sebuah Kota yang hampa, sepi dan dingin serta seperti Kota hantu. Namun, Lucky menolak walaupun sang kepala sekolah telah mengeluarkannya dari sekolah karena suatu hari ia membolos kelas dan membaca di perpustakaan untuk mencari tahu tentang sejarah Kota dan sekolahnya yang bernama Kota Coral.

Cerita semakin memuncak ketika Lucky mengetahui bahwa kepala sekolahnya yang bernama Pak Matrik adalah seorang manusia kelelawar iblis yang ternyata selama ini telah menunggu kedatangan Lucky di Kota tersebut. Lucky baru mengetahui kenyataan bahwa kedua orang tuanya terjebak selama empat belas tahun di Kota itu. Pak Matrik percaya pada ramalan bahwa selama empat belas tahun akan ada seorang anak yang datang untuk mengubah semua kehidupan sepi, hampa, gersang dan matinya Kota itu menjadi hidup kembali, Pak Matrik tak mau hal itu terjadi.

Cerita-cerita semakin memuncak ketika Lucky mengetahui bahwa ia sedang berada di dalam sebuah cerita novel yang ia buat sendiri ketika ia masih kecil, dan novel itu hidup seperti menjalankan kehidupan Lucky ketika mereka datang untuk pertama kali ke Kota Coral. Pertemuannya dengan Latika dan kelelawar bernama Blue serta Pink membantu petualangan Lucky melawan Evil Bat, julukan Pak Matrik yang ternyata adalah kakek Latika dan membuat Lucky kehilangan ingatan selama sepuluh tahun lamanya.

Pertemuannya dengan Daco salah satu siswa yang merasa bahwa Lucky adalah penyelamat bagi Kota itu menjadi semakin menarik, karena diketahui bahwa ternyata Daco mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Lucky dari keganasan Evil Bat. Pertarungan antara Lucky dan Evil Bat mengakibatkan kakek dan neneknya menjadi beku, walaupun tidak mati, dan mempertemukannya dengan kedua orang tua Lucky. Rasa akan keinginan untuk menyerah sempat Lucky akan ambil ketika tidak ada jalan keluar lagi untuk melawan Evil Bat dan menyelamatkan semua orang yang ia sayangi, termasuk Kota Coral yang sempat ia benci. Hingga kekuatan dari batu bintang yang ia peroleh dan bantuan dari Blue yang masuk ke dalam tubuhnya serta keinginan kuat dari dalam dirinya untuk menyelesaikan cerita di dalam novelnya sendiri, dengan menggenggam erat buku novelnya, Lucky berharap bahwa semuanya akan segera berakhir dengan ending yang ia harapkan. Namun, sesuatu yang aneh terjadi ketika semuanya telah kembali normal dan sesuai dengan keinginan Lucky, kehidupan Kota Coral yang kembali hidup, semua orang-orang yang ia sayangi bahagia dan berada bersamanya termasuk Latika yang kini menjadi kekasihnya. Keanehan itu adalah bahwa ia telah memiliki seorang anak. Apakah ia sedang bermimpi, ataukah keinginannya telah berubah seiring dengan berjalannya waktu. Di masa depan? Walaupun begitu, Lucky tetap bersyukur bahwa Evil Bat telah musnah dan kehidupan yang selama ini ia impikan untuk bersama dengan keluarga telah terwujud.

Cerita di dalam novel bergenre fantasi ini berlatar di sebuah Kota, rumah dan sekolah. Memiliki pesan dan amanat; keluarga adalah segalanya, keajaiban pasti akan terjadi pada seseorang, jangan pernah meragukan keberuntungan, mencintai itu tidak harus memiliki, karena kasih dayang berupa cinta akan ada dan terus ada. Seorang anak yang tidak menyerah pada suatu keadaan apapun, walaupun ia harus dihadapkan dengan kenyataan yang pahit. Bersama dengan orang-orang terkasih adalah salah satu nikmat yang tiada terkira.


 

Bagaimana, para Penjejak? Penasaran kan dengan novel-novelnya? Hehe

Nantikan tanggal terbit novel luar biasa tersebut yah…

Cooming Soon.. 🙂

Facebook Comments